• SMK ISLAM NUSANTARA
  • Dzikir Fikir Amal Sholeh

Tingkatkan Akses Pendidikan, Jabar Siapkan Ratusan Beasiswa Perguruan Tinggi

KOMPAS.COM – Untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi (PT), Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat ( Jabar) menggagas program beasiswa Jabar Future Leaders (JFL) 2019.

Tak hanya itu, menurut Kepala Dinas Pendidikan Prov. Jabar Dewi Sartika, program beasiswa itu juga menjadi upaya Pemdaprov Jabar untuk mencetak generasi muda pemimpin masa depan.

“JFL 2019 juga bertujuan untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) Jabar yang mandiri, produktif, memiliki kependulian sosial, serta mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Dewi dalam rilis, Kamis (5/9/2019).

Beasiswa ini, kata dia, terbuka bagi peserta didik yang berpotensi akademik maupun non-akademik, serta kurang mampu secara ekonomi.

Dewi menjelaskan, beasiswa itu berlaku bagi mahasiswa jenjang Strata 1 (S-1), S2, dan S3. Ada empat kategori dalam JFL 2019, baik jalur akademik maupun non-akademik.

Pertama, untuk beasiswa penuh jalur akademik untuk jenjang S1 sebanyak 400 mahasiswa. Kedua, beasiswa pendidikan penuh jenjang S2 untuk 157 mahasiswa.

Ketiga, beasiswa bantuan biaya pendidikan jenjang S3 bagi 50 mahasiswa. Terakhir, beasiswa percepatan akses pendidikan tinggi jenjang S1 untuk 705 mahasiswa.

Sementara itu, untuk jalur non-akademik kuotanya mencapai 385 mahasiswa. Dengan rician, 130 mahasiswa jenjang S1 berprestasi di bidang keagamaan dan 85 mahasiswa jenjang S1 berpretasi di bidang atletik.

Untuk jenjang S1 berprestasi di bidang kesenian dan bidang organisasi masing-masing mendapat kuota 85 mahasiswa.


Dewi mengatakan, beasiswa penuh jenjang S1, S2, diperuntukan bagi mahasiswa baru di 10 universitas terakreditasi A. Sementara beasiswa penuh jenjang S3, diperuntukan bagi mahasiswa baru di 11 universitas.

Lebih lanjut, dia mengatakan, untuk kategori percepatan akses pendidikan tinggi jenjang S1, berlaku di 105 universitas (minimal terakreditasi B) dan beasiswa berlaku selama satu tahun.

Menurut Dewi, penerima beasiswa tidak hanya mendapatkan bantuan biaya, tetapi juga pendampingan atau pelatihan soft skill.

Hal tersebut, imbuh dia, dilakukan Pemdaprov Jabar sebagai bagian dari upaya mencetak pemimpin masa depan. Maka, salah satu materi yang diberikan berkaitan dengan kepemimpinan.

“Kami berupaya menjadikan generasi muda di Jabar sebagai calon-calon pemimpin masa depan dengan pembinaan kepemimpinan dan kemandirian secara individu maupun kelompok,” ucap Dewi.

Sebagai informasi, pendaftaran dan seleksi berkas JFL 2019 dilakukan pada 9-15 September 2019. Kemudian, pada 16 September-4 Oktober 2019, seleksi dilakukan oleh perguruan tinggi.

Seleksi tahap akhir dilakukan oleh Pemdaprov Jabar pada 7-18 Oktober 2019. Sedangkan, pengumuman dilakukan pada 21 Oktober 2019.

Adapun 10 universitas untuk beasiswa penuh jenjang S1 dan S2, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Padjajaran (Unpad).

Kemudian Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Pasundan (Unpas), Universitas Islam Bandung (Unisba), Universitas Telkom, Universitas Parahyangan, dan Universitas Presiden.

Sedangkan 11 universitas untuk beasiswa penuh jenjang S3 adalah ITB, IPB, UI, Unpad, UPI, Unpas, Unisba, Universitas Telkom, Universitas Parahyangan, Universitas Presiden, dan UIN Sunan Gunung Djati.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MPLS 2019

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD), merupakan sebuah kegia

04/09/2019 04:51 WIB - Administrator
Badan Bahasa Kemendikbud Gelar Festival Film Pendek Berbahasa Daerah

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan menyelenggarakan Festival Film Pendek Berbahasa Daerah dengan tema &ldqu

04/09/2019 04:51 WIB - Administrator
Teknologi (Bukan) Solusi Masalah Pendidikan

Jakarta - Di Indonesia telah bermunculan beberapa perusahaan yang menjajakan dagangan teknologi khusus pendidikan, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Misalnya, ada satu st

04/09/2019 04:51 WIB - Administrator
Bahasa Gaul Perkaya Bahasa Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Bahasa gaul yang dewasa ini sering digunakan generasi muda dalam pergaulan sehari-hari antara sesamanya dinilai justru akan memperkaya perbendahaan kosa k

04/09/2019 04:51 WIB - Administrator